Tuesday, June 21, 2011

Naik Vespa Excel Bergaya Skubek




Jika Vespa diubah menjadi model skubek, maka bisa dibayangkan pengerjaannya. Semua kerangka pasti dipermak. Shockbreaker kombinasi jalan raya dan garuk tanah (trail), sementara kedua roda diadopsi dari Suzuki Karimun. Nah, lho aneh kan!

Bukan David Lesman kalau tidak menciptakan karya yang aneh. Terlebih soal Vespa, builder ini cukup dikenal dengan eksperimennya. Itu termasuk dengan modifikasi Vespa Excel 1997 yang terinspirasi dengan MotoGP, terutama Ducati Desmosedici yang ditunggangi Casey Stoner.

Untuk mendapatkan tampilan itu, semua rangka dirombak total. Khususnya swing-arm, yang jadi fokus utama lantaran mesin kendaraan produk Italia itu di kanan. Salah hitung, kata anggota klub Stripe (Scooter Independent) Jakarta, ini motor bisa miring. Karena itu, ia beberapa kali melakukan uji coba penyesuian posisi agar pas.

Akhirnya ia mendapati bahwa pasangan cocok untuk lengan ayun jatuh pada Suzuki Satria 120. Namun, monoshock dipakai dari MX. Kemudian, antara arm dan mesin yang di kanan dibuatkan lagi pegangan dari lempengan besi setebal 1,4 cm. "Sekarang bisa sambil lepas tangan karena motor sudah lurus dan stabil," ujar mantan pebalap Vespa itu.

Urusan kaki-kaki, David juga enggak mau ketinggalan sama anak-anak skubek yang doyan pakai velg mobil. Pilihannya jatuh pada velg Suzuki Karimun untuk bagian belakang, sedangkan bagian depan dicomot dari Yamaha Majesty. Sementara itu, knalpot diambil dari Kawasaki Ninja.

Tameng Vespa dibuang total. Sebagai gantinya, David tertarik dengan Yamaha Jupiter MX. Sementara itu, bagian buritan dibikin ala CBR250. Benar-benar sporty, kan! Lantaran inspirasinya Ducati, maka kelir pun dibikin merah.

David pun bangga bisa mewujudkan obsesinya, Vespa disulap jadi skubek. Sebelumnya, pada 2005, ia pernah mengubah Vespa layaknya semok mobil F1. Kita tunggu eksperimen berikutnya. (Nurfil)

3 comments:

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga bermanfaat bagi kita semua teknologi mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Jangan berhenti untuk terus berkarya,semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota Etios 2014

    ReplyDelete
  3. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga mobil Bekas Honda

    ReplyDelete