Tuesday, June 21, 2011

Modifikasi Motor Jupiter MX 135LC "Mirip Motor Balap"

Syahruddin Romadhon yang mengomandoi DJM Modified, Pasuruan, Jawa Timur nggak hanya modif motor konsumen. Punya sendiri juga ikutan dioprek. Konsep Jupiter MX 135LC yang sudah racing diperkuat lagi. Hasilnya tentu semakin racing di depan.

Pemuda yang sehari-hari disapa Doni ini memaksimalkan tampilan MX yang sebenarnya sudah keren abis itu. Yang dilakukan hanya menambahkan bodi fiber di beberapa sektor.

"Sebetulnya secara umum tampilan MX ini sudah keren. Cuma ada beberapa bagian yang aku kurang setuju. Garis-garisnya harus lebih dipertegas, biar aura racingnya bisa didapat," tambah si bos yang masih 24 tahun ini.

Cover depan adalah sektor yang desainnya sama sekali tidak disentuh. Hanya lampunya yang berubah secara fungsi. Yang semula adalah sein, kini menjadi headlamp yang sekaligus sein. Hal ini dilakukan lantaran Doni mengaplikasi setang terondol. Otomatis headlamp berikut batok harus rela digusur.

Baru kemudian turun ke bawah. Tepatnya di bagian dek samping atau sayap. Di sinilah rombakan kecil terjadi, "Desain dibuat lebih lebar. Hal ini terinspirasi motor sport yang berfairing. Jadi, jika gaya motor sport itu diaplikasi, tentu bikin tampilan lebih garang," bilang brother dari Jl. Gatot Subroto, No. 2, Pasuruan ini.

Makin cakep saat Doni juga meneruskannya dengan membuat cover mesin yang garis desainnya jadi satu dengan cover samping. Sedang untuk dek tengah, masih mengandalkan yang orisinal. Tapi, di bagian cover samping sudah banyak rombakan yang dilakukan. Praktis yang tersisa hanya 40% cover orisinal, selebihnya tambahan bodi kit berbahan fiber.

Desain cover samping hingga buritan memang mengacu pada motor balap. Karena, pemuda yang tinggal di Kradenan, Karang Ketug, Pasuruan ini mengaplikasi jok single sitter. Jadi, otomatis jok asli dipapas. Selebihnya digantikan bodi baru model buntut tawon. Desain pilihannya jadi satu dengan cover samping kanan dan kiri.

Biar seimbang dengan bodi baru, lengan ayun juga ikut dibuat seolah-olah besar. Padahal masih menggunakan lengan ayun asli, lho! Hanya dikondom dengaan menggunakan bahan fiber. "Sementara desainnya meniru motor balap beneran yang tentu dimensinya sudah disesuaikan," yakinnya.

DATA MODIFIKASI JUPITER MX 135LC

Ban depan : Mizzle 100/80-17
Ban belakang : Mizzle 110/80-17
Cakram depan: Kitaco
Sok belakang : Gazi
Knalpot : AHRS
DJM : (0343) 431861


No comments:

Post a Comment